uvit
Blog Universitas Komputer Indonesia

apa itu search engine ?

apa itu search engine ?
Tanpa kita sadari, hampir tiap hari kita menggunakan search engine dalam berinternet ria, tetapi kadang kita lupa atau tidak tahu sama sekali apa itu search engine. Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata.
Adapun bagian-bagian dari search engine
Search engines memiliki tiga komponen penting. Pertama elemen yang disebut laba-laba (spider) juga disebut crawler. Elemen spider mengerjakan akses (kunjungan) ke situs-situs web, membaca isinya, dan kemudian mengikuti link-link yang ada pada situs. Elemen ini mengakses situs-situs web secara periodik satu atau dua bulan untuk melihat apakah ada perubahan dari situs-situs tersebut.
Tiap-tiap yang dijumpai elemen spider selalu akan dituliskan dalam sebuah index. Index merupakan elemen kedua dari search engine. Index sering pula disebut katalog yang mirip sebuah buku raksasa, berisikan copy dari setiap situs yang dikunjungi elemen spider. Jika elemen spider menemukan perubahan dari sebuah situs web, maka informasi dari situs web yang ada dalam katalog ini segera diperbaiki (up date). Kadang-kadang diperlukan sebuah penulisan halaman baru sesuai dari temuan elemen spider pada situs web. Sehingga ada kemungkinan informasi baru dari sebuah situs web yang telah diakses oleh elemen spider tidak tertulis dalam index katalog.
Software earch engine adalah elemen ketiga. Program inilah yang memilah ribuan data dalam katalog yang berisi copy halaman-halaman situs web tadi, dan mencocokannya sesuai permintaan user internet, dan menampilkan datanya ke layar monitor dan menyusunnya dalam daftar sesuai dengan ranking-nya.
Walau semua search engine bekerja dengan cara serupa tetapi kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine didasarkan pada algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Pengguna cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista misalnya, berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 27 Oktober 12 - 20:26 WIB
Dalam Kategori : SEARCH ENGINE
Dibaca sebanyak : 1602 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback